Sunday 23 December 2012

Penutupan Sementara Kegiatan LTQ



Menjelang musim ujian akhir semester kampus IIU Islamabad yang akan datang di awal bulan Januari. Maka kegiatan rutin Lembaga Tahfizh Al Qur’an Ibnu Abbas Pakistan yang diadakan tiap pekan pada hari jum’at, untuk sementara diliburkan. Tujuan penutupan sementara kegiatan adalah agar anggota dapat memfokuskan diri untuk menghadapi ujian. Acara penutupan bertempat di masjid hostel 3, new campus IIU, Islamabad. Dimulai setelah sholat maghrib, acara dihadiri oleh dua belas anggota.


Agenda acara “penutupan sementara kegiatan LTQ”, di mulai dengan setoran hafalan pekanan yang sudah menjadi keharusan setiap anggota. Kemudian dilanjutkan dengan tasmi’ (memperdengarkan hafalan ke semua anggota) dua setengah lembar mushaf cetakan madinah, yang pada kesempatan ini akh. Irsyadul Hakim mendapat amanah untuk bertugas. Acara dilanjutkan dengan evaluasi singkat, masukan dan saran tentang kegiatan Ltq, kemudian penutupan sementara kegiatan LTQ oleh mas’ul tahfizh, ditemani sajian sederhana minuman dan biskuit. Acarapun berakhir  tepat sebelum adzan Isya’ berkumandang.

Tentunya penutupan sementara kegiatan LTQ bukan berarti berhenti untuk menghafal dan mengulang hafalan Al Qur’an yang ada, apalagi sampai berhenti membacanya. Karena merupakan sunnatullah, bahwa hafalan yang tidak diulang akan terlupakan. Bahkan Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam menegaskan hal tersebut dalam sebuah hadist dari Abdullah bin Umar radhiyallahu anhuma bahwa Rasulullah Saw pernah bersabda: "Sesungguhnya orang yang menghafal Al-Quran itu seperti pemilik onta yang diikat. Jika ia selalu mengikatnya maka onta tersebut tetap ia tahan, tetapi jika ia melepasnya maka ia (onta) akan hilang". Jadi, keputusan untuk mengikat atau melepas itu ada di tangan kita sendiri kawan.

Selanjutnya kami segenap pengurus Ltq Ibnu Abbas mengucapkan, semoga dipermudah oleh Allah subhanahu wa ta’ala dalam menghadapi ujian akhir semester ini dan mendapatkan hasil sesuai dengan harapan. (Jum’at, 21-12-2012)

Oleh: Mas'ul Tahfizh

No comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube