Sunday 5 May 2013

Hikmah Terpilihnya Khadijah Radiyallahu Anha




قال ابن إسحاق : كانت خديجة أول من آمنت بالله ورسوله وصدقت ما جاء من عند الله عز وجل وآزرته على أمره فخفف الله بذلك عن رسوله ، فكان لا يسمع شيئاً يكرهه من رد عليه ، وتكذيب له ، فيحزنه ذلك إلا فرج الله عنه بها ، إذا رجع إليها تثبته وتخفف عليه وتصدقه وتهون عليه أمر الناس حتى ماتت رضي الله عنها

Ibnu Ishaq berkata : Khadijah radiyallahu anha adalah orang pertama yang beriman kepada Allah dan Rasul Nya dan membenarkan apa yang telah datang dari Allah aza wajala, beliau telah masuk ke dalam urusan kehidupan Rasulullah maka dengannya Allah meringankan beban atas Rasul Nya. Rasulullah tidak mendengar suatu kebencian atas penolakan dakwahnya atau pengingkaran yang membuatnya bersedih kecuali Allah menghiburnya dengan hadirnya Khadijah radiyallahu anha. Jika Rasulullah datang kepadanya, ia menguatkan hati beliau, meringankan bebannya, membenarkannya dan memudahkan urusan beliau atas umatnya sampai ia meninggal.


Ummul Mukminin Khadijah radiyallahu anha adalah sesosok perempuan yang sangat mulia dalam Islam. Beliau adalah seorang wanita yang berakhlak mulia dan sangat dihormati di kalangan bangsa Quraisy sebelum Islam. Allah telah mentakdirkannya untuk menjadi pendamping hidup Rasulullah salallahu alahi wasalam dalam mendakwahkan Islam di muka bumi ini. 25 tahun hidup bersama Rasulullah salallahu alaihi wasalam bukanlah waktu yang singkat. Bersama Ummul Mukminin ini, Rasulullah jalani suka duka dalam memperjuangan kalimat Lailaha illallah ke seantero Makkah pada waktu itu. 

Ada banyak keutamaan yang Ummul Mukminin Khadijah radiyallahu anha miliki sebagai istri pertama Rasulullah salallahu alaihi wasalam yang tidak di miliki oleh Ummul Mukminin lainnya. Diantara keutamaan-keutamaan tersebut adalah :

1.      Manusia di muka bumi ini yang pertama kali beriman kepada Rasulullah salallahu alihi wasalam. Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Ishaq: ‘Khadijah binti Khuwailid adalah orang pertama yang beriman kepada Allah dan Rasulnya dan ia telah membenarkan apa yang telah datang dari Allah’.
2.      Sesorang yang pertama kali mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran dan menyaksikan kegoncangan Rasulullah ketika pertama kali menerima wahyu. Pertama kali mempelajari cara wudhu dan shalat dari Rasulullah salallahu alaihi wasalam setelah beliau mempelajarinya dari Jibril alaihi salam. ( al mar’ah fi ‘ahdi nabawi : Dr.’Ashomatudin ).
3.      Istri yang mengorbankan seluruh kekayaannya untuk dakwah Islam. Sehingga dengan adanya bantuan dari kekayaan Khadijah ini dakwah Islam bisa tersebar dan tak terpatahkan. Selain itu beliau juga mengorbankan tenaga dan seluruh kemampuannya untuk senantiasa mendampingi Rasulullah di setiap ujian yang menimpa beliau. Salah satunya ketika pemboikotan menyeluruh terhadap Bani Hasyim dan Bani Muthalib yang terjadi selama tiga tahun lamanya. Khadijah radiyallahu anha yang terbiasa hidup dengan kekayaannya di saat sebelum menikah dengan Rasulullah, -dengan keshalihan serta ketaqwaannya kepada Allah dan Rasul Nya- senantiasa setia mendampingi Rasulullah walaupun pemboikotan tersebut sangat menyedihkan.
4.      Seorang Ummul mukminin yang darinya Rasulullah mempunyai putra dan putri (Abdullah, Qosim, Fatimah, Zainab, Umu kultsum, Ruqoyah) yang kesemuanya beriman.

Sedangkan alasan kenapa Allah memilih Ummul Mukminin Khadijah radiyalahu anha sebagai wanita pertama yang menjadi pendamping hidup Rasulullah adalah :

1.      Ummul mukminin Khadijah radiyallahu anha memiliki kekuatan, ketegaran, kedewasaan, dan kematangan pola pikir yang sangat membantu Rasulullah salallahu alaihi wasalam ketika awal mula dakwah Islam berjalan. Salah satu dari sifat-sifat mulia ini sangat nampak terlihat ketika Rasulullah menghadapi kegoncangan ketika diturunkan wahyu yang pertama ( Al-Alaq 1-5). Sekembalinya Rasulullah dari gua Hira, beliau beranjak pulang menemui istrinya Khadijah dan mengatakan selimuti aku..selimuti aku... Khadijah dengan ketegaran dan kebesaran hatinya menguatkan hati Rasulullah dengan kata-katanya,‘Demi Allah, sekali kali Allah tidak akan menyia-nyiakanmu selamanya..’. Kata-kata ini menunjukan kebijaksanan berfikir dan kemuliaan akhlaknya. Lebih dari itu ia menjadi tauladan bagi seluruh Muslimah hingga akhir zaman kelak sebagai seorang istri yang mengabdikan diri kepada suami. Perhatian beliau tidak hanya sampai disini. Ummul mukminin pula yang serta-merta dengan penuh perhatian membawa Rasulullah pergi kepada Waraqah bin Naufal untuk menanyakan kejadian yang Rasulullah alami.
2.      Bilamana Allah mentaqdirkan Sa’udah atau Aisyah atau Shohabiyah lain yang usianya lebih muda dibandingkan Rasulullah untuk menjadi istri pertama beliau, -disaat dakwah Islam mulai bergerak dan berbagai fitnah dan ujian menimpa- maka akan rapuh kekuatan dakwah ini karena tidak diimbangi oleh sesosok pahlawan yang lebih matang, dewasa sifat dan cara berfikirnya, lebih cerdas dan bijaksana yang ada dibalik layar. Beliau Khadijah memberikan dukungan sepenuh jiwa dan harta bagi dakwah ini.
3.      Misi dakwah islam yang Allah bebankan kepada Rasulullah salallahu alaihi wasalam membutuhkan pengorbanan yang besar, menguras tenaga dan memakan waktu yang panjang karena ia tidak bisa dihadapi hanya dengan ketenangan dan kenyamanan belaka. Waktu untuk anak, istri dan nilai seluruh harta harus beliau arahkan untuk misi dakwah Islam. Maka Allah mempersiapkan seorang wanita yang tepat untuk Rasulullah salallahu alaihi wasalam sebagai sandaran pelipur lara di saat ujian datang bertubi-tubi, faham akan kepentingan dakwah, banyak berkorban dalam membantu menegakkan agama Allah dan Rasul Nya. Hanya beliaulah wanita shalihah yang paling tepat untuk menjadi pendamping pertama Rasulullah Muhammad sang pembawa risalah.    

Keutamaan dan hikmah di atas hanya beberapa hikmah yang nampak bagi seorang Muslim. Tentu masih banyak hikmah lainnya yang hanya diketahui oleh Allah dan Rasul Nya. Sebagai seorang Muslim kita selayaknya mampu mengambil pelajaran dan hikmah yang ada dan senantiasa bershalawat kepada Rasulullah, keluarga serta para shabatnya. Wallahu a’lam

No comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube