Monday 7 January 2013

HADIST PALSU SEPUTAR MUSIM DINGIN


Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa musim dingin adalah musim yang Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan malam begitu panjang supaya seorang Muslim mempunyai waktu lebih untuk mendirikan Qiyamul lail dan menjadikan siang yang cepat sehingga seorang Muslim merasakan keringanan dalam berpuasa.

Banyak terdapat hadist-hadist dari Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam yang menjelaskan kepada kita tentang berbagai macam keutamaan yang terdapat dalam musim dingin. Akan tetapi, tidak semua hadist yang kita dapati pada saat ini adalah benar-benar berasal dari Rasululullah.
Ada beberapa hadist yang lemah periwayatannya dan perlu bagi kita untuk mengetahuinya, sehingga kita tidak salah dalam menisbatkan sebuah perkataan termasuk dalam Hadist Rasulullah. Berikut ini adalah beberapa contoh hadist tersebut.


" إن الملائكة لتفرح بذهاب الشتاء رحمة لما يدخل على فقراء المسلمين من الشدة "
 
“Sesungguhnya para malaikat bergembira dengan selesainya musim dingin sebagai bentuk rahmat, karena (di musim dingin) orang-orang fakir muslimin berada dalam kesusahan dan penderitaan.”

Berkata Imam Ibnu Rajab hadist tersebut tidak shahih sanadnya. Begitupula Syaikh Al Bani rahimahullah memasukan hadist di atas termasuk dalam hadist dhoif dalam kitabnya Dhoiful jami hadist no 1789.

"اتقوا البرد فإنه سريع دخوله بطيء خروجه"

“Takutlah terhadap dingin, karena dingin itu cepat saat masuk dan lambat saat keluar.”
Kalimat di atas bukanlah merupakan hadist Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam tetapi adalah wasiat khalifah kedua Umar bin Khatab radhiyallahu anhu kepada kaum muslimin tentang musim dingin.

"خير صيفكم أشده حراً وخير شتائكم أشده برداً، وإن الملائكة لتبكي في الشتاء رحمة لبني آدم"

“Sebaik-baik musim panasmu adalah hari yang paling panas dan sebaik-baik musim dinginmu adalah hari yang paling dingin. Sesungguhnya Malaikat menangis di musim dingin rahmat bagi bani Adam.”
Berkata Imam Ibnu Rajab sanad hadist di atas adalah bathil.

"الشتاء ربيع المؤمن"

“Musim dingin adalah musim seminya orang beriman.”

As Syaikh Albani mengkategorikan hadist di atas termasuk dalam hadist dhoif di kitab Dhoiful jami hadist no 3429.

"قلوب ابن آدم تلين في الشتاء و ذلك لأن الله تعالى خلق آدم من طين و الطين يلين في الشتاء"

“Hati Ibnu Adam (manusia) melembut pada musim dingin, hal itu karena Allah ta’ala menciptakan adam dari tanah liat, dan tanah liat melembut di musim dingin.”

Hadist ini dikeluarkan oleh Abu Na’im dalam Al-Hilyah (5/216) dari jalur Umar bin Yahya. Al hafizh Ibnu Hajar berkata, “saya kira Umar bin Yahya bin Umar bin Abi Salamah dari Abdurohman bin Auf, Ad Daruquthni telah melemahkannya (dhoif), wallahu a’lam.” 

As Syaikh Albani dalam kitab Silsilatul ahadist adhoifah wa-l-maudhuah wa atsaruha sayyi’u fil-ummah 2/7 juga mengatakan hadist di atas adalah hadist maudhu’.

Itulah beberapa hadist palsu yang berkaitan dengan musim dingin. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk lebih berhati-hati dalam menisbatkan sebuah perkataan kepada Rasulullah Shalallah alaihi wa sallam. Wallahu a’lam

Oleh: Muhammad Fachri Ihsani

1 comment:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube